HIMA PRODI PGMI Dongkrak Skill Kepenulisan Melalui Pelatihan Academic Writing “ORS”

Himpunan Mahasiswa Program Studi(HIMA PRODI) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah(PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan(FTIK) Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas(IAIS), menyelenggarakan “Academic Writing” Pelatihan ORS(Online Research Skill) Dalam Penyusunan Proposal Penelitian di ruang kelas Kampus IAIS Sambas, Sabtu (16/01/2021).

Pelatihan ORS yang diadakan oleh HIMA PRODI PGMI merupakan kegiatan lanjutan berupa teknik penulisan yang sebelumnya pernah melaksanakan pelatihan pembuatan makalah untuk mahasiswa baru. Namun, pelatihan Online Research Skill ditujukan kepada mahasiswa tingkat atas yang akan melaksanakan penyusunan proposal penelitian.

Rahmania Erhami selaku ketua HIMA PGMI mengatakan, bahwa dalam pelatihan tersebut membahas tentang ORS(Online Research Skill), pencarian informasi ilmiah, tujuan dari ORS, tata cara penulisan proposal penelitian, cara menghindari plagiarisme dalam penulisan proposal penelitian, serta cara menggunakan akses ilmiah(elektronik).

“Pelatihan ORS bermaksud untuk mengembangkan dan menambah wawasan, serta bekal mahasiswa PGMI semester lima yang nantinya akan memudahkan mahasiswa dalam membuat proposal, skripsi, mengutip jurnal, dan lain-lain.”

Rahmania Erhami, Ketua HIMA PRODI PGMI melalui pesan WhatsApp

Peserta pelatihan ORS dihadiri oleh mahasiswa PRODI PGMI semester 5. Pemateri dari pelatihan tersebut adalah Dr. Suriadi, M.Ag juga selaku dosen di IAIS Sambas.

Catur Putri Aisyah yang merupakan peserta dari pelatihan ORS merasa mendapatkan banyak ilmu, khususnya dalam penyusunan proposal.

“Saya merasa bahwa kegiatan seperti ini yang sangat diperlukan oleh mahasiswa semester atas yang sebentar lagi akan dihadapkan dengan penyusunan prososal penelitian sebagai tombak untuk tugas akhir perkuliahan.” Ujarnya.

Catur juga berharap bahwa kegiatan yang berbentuk seperti pelatihan penulisan karya ilmiah berlanjut diadakan untuk membantu mahasiswa dalam mengetahui sistematika penulisan karya ilmiah, sehingga terbantu dalam penyusunan makalah, proposal, maupun skripsi.(RIN)

Leave a Reply